Tempat Wisata di Sumatra Barat Terkenal


Tempat Wisata di Sumatra Barat.Pada kali ini mediainternet1 akan mereview tempat objek wisata di sumatra barat. Objek Wisata Sumatera Barat Yang Wajib Anda kunjungi, Sumatera Barat memang kita kenal kaya dengan tempat wisata sehingga banyak pengunjung yang datang untuk menikmati alam di sumatera barat ini.
Ratusan Objek Wisata Sumatera Barat yang terkenal , Berikut Tempat Wisata di Sumatra Barat.

1. Jam Gadang di Bukittinggi


Jam Gadang



Jam Gadang adalah sebuah ikon kota bukit tinggi, jam gadang merupakan peninggalan Belanda, Jam ini memang memiliki ukuran yang bisa dibilang sangat besar. Dengan memiliki luas 13 x 4 meter dan tinggi 26 meter yang terdiri atas beberapa tingkat. Bagian teratas dari jam gadang ialah tempat penyimpanan bandul jam . Terdapat 4 jam pada masing – masing sisi jam gadang, dengan memiliki diameter sekitar 80cm. Dan  hal yang unik dari jam ini ialah angkanya. Biasanya angka empat romawi biasa ditulis dengan IV, maka pada jam gadang angka IV ditulis dengan simbol IIII, hal itu merupakan hal yang tidak biasa.

2. Istana Pagaruyung di Tanah Datar
istana pagaruyung
Bangunan istana pagaruyung terdiri atas 11 buah gonjong, 72 buah tonggak, dan memiliki 3 lantai. bangunan  ini dilengkapi dengan beragam ukiran yang tiap-tiap bentuk dan warna ukirannya mempunyai sejarah dan budaya Minangkabau. Sementara bagian dari ruang tengah dipajangkan berbagai benda bersejarah seperti keramik peninggalan kerajaan Pagaruyung dan berbagai benda kerajinan tangan dari Minangkabau. Hal yang membuat unik, tonggak yang menyangga bangunan ini dibuat miring yang tentunya agak berbeda dengan teori arsitektur yang ada tapi tidak mengurangi kekokohan bangunan istana tersebut. Selain itu, di bagian halaman istana pagaruyung dilengkapi dengan bangunan,"rangkiang" (bangunan yang berfungsi sebagai tempat penyimpan hasil panen), serta musik "tabuah" (untuk memanggil warga).

3. Danau Singkarak
danau singkarak
Danau Singkarak adalah sebuah danau yang membentang di kabupaten Solok dan kabupaten Tanah Datar,Sumatra Barat. Danau ini memiliki luas 107,8 km² dan merupakan danau terluas ke-dua di pulau Sumatera.Duduk-duduk di pinggir danau, kita akan kagum dengan panorama Danau Singkarak yang terawat ,bersih dan indah dikeliling perbukitan hijau di sekitarnya.

4. Danau Maninjau
danau maninjau
Danau Maninjau adalah sebuah danau di kecamatan Tanjung Raya, Kab.Agam, Sumatera Barat, Indonesia. Danau Maninjau yang adalah danau vulkanik yang berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Luas dari danau Maninjau sekitar 99 km² dan memiliki kedalaman maksimum 496 m.
5. Pantai Aie Manieh (Air Manis)
pantai ai manih
Pantai Aie Manih berada di kecamatan Padang Selatan, Kota Padang, Sumatera Barat. ketika air pasang surut, wisatawan dapat mencapai salah satu pulau yaitu Pulau Pisang Ketek (kecil) yang letaknya kurang lebih 200 m di depan pantai dengan berjalan kaki saat pasang surut. 
Pantai Aie Manih sangat populer dikalangan masyarakat Sumatera Barat dan wisatawan karena cerita rakyat "Malin Kundang" yaitu tentang seorang anak yang durhaka kepada ibunya yang akhirnya dia dikutuk oleh ibunya sendiri menjadi batu. Sampai saat ini batu tersebut masih terdapat di pantai air manieh, meskipun bentuk dari batu ini sudah tidak jelas lagi karena sudah dimakan usia.
6. Lubang Jepang
Lubang Jepang ini merupakan peninggalan bangunan bangsa Jepang berupa gua bawah tanah yang digunakan bangsa Jepang untuk tempat pertahanan tentara jepang.Gua Lubang Jepang didirikan pada masa Jepang Pada tahun 1942-1945. Pada saat itu Jepang sedang  menjajah bangsa Indonesia, pembangunan Lubang Jepang dilakukan dengan cara Romusa atau kerja paksa.

LUBANG JEPANGLubang Jepang memliki luas sekitar 2 hektar didalamnya yang mana Anda akan dituntun dengan menuruni tangga yang telah dibangun. Lorong - lorong yang ada didalamnya memberikan tempat - tempat sesuai dengan kebutuhan masing - masing.
Lorong - lorong disetiap bangunan ini memang bercabang, dan masing - masing lorong digunakan untuk tempat yang sesuai dengan kebutuhannnya pada masa itu. untuk menjaga keasliannya setiap lonrong dipasang CCTV.
LUBANG JEPANG
Berwisata Ke Lubang Jepang memang dapat mendapatkan pengalaman sejarah yang amat bermanfaat untuk Anda dan sekeluarga, selain pelajaran sejarah yang didapat Anda pun dapat menikmati pemandangan yang indah disekitar objek wisata Lubang Jepang.
7.  Janjang Koto Gadang (Tembok Raksasa Cina "Indonesia")
Untuk melihat Great Wall sekarang tidak perlu ke Cina, karena Sumatra Barat juga punya, yaitu Janjang Koto Gadang yang menyerupai tembok raksasa di cina.
JANJANG KOTO GADANG
Janjang Koto Gadang ini menghubungkan kawasan bukittinggi dan agam di sumatra barat.
JANGJANG KOTO GADANG

8. Lembah Harau

LEMBAH HARAU
Lembah Harau ini terlatak dekat dengan kota Payakumbuh, dan lembah ini diapit oleh dua bukit cadas yang terjal dengan ketinggian lebih kurang 150 meter. Bentuk topografi dari Lembah Harau ini berbukit dan bergelombang.
Sekitar Lembah Harau terdapat tebing granit yang terjal dan tingginya sekitar 80 sampai 300 meter. Beberapa keindahan alam yang dapat anda nikmati saat berada di Lembah Harau antara lain jurang, alam,fenomena air terjun, tebing-tebing dan beberapa gua, selain itu di Lembah Harau juga terdapat cagar alam dan suaka margasatwa. Pada lokasi wisata Lembah Harau terbagi menjadi dua lokasi yaitu Sarasah Bunta yang terdapat 5 air terjun beserta kolam penampung air terjun dan lokasi wisata yang lain yaitu Akar berayun yang terdapat kolam bagi Anda dan keluarga yang ingin berenang bersama keluarga, dan juga terdapat lokasi untuk berkemah.
9. Kepulauan Mentawai
KEPULAUAN MENTAWAI

Kepulauan Mentawai adalah Sebuah kepulauan yang terletak di Kabupaten Mentawai Provinsi Sumatera Barat. Kepulauan Mentawai terdiri dari 4 pulau besar yakni 1.Pulau Sipora, 2.Pulau Siberut, 3.Pulau Pagai Utara, dan 4.Pulau Pagai Selatan. Siberut adalah pulau terbesar, serta merupakan Pulau yang memiliki layanan pelayaran reguler yang menghubungkan Siberut dengan Pulau Sumatera terutama kota Padang.
KEPULAUAN MENTAWAI
Keberadaan kepulauan Mentawai yang berada di tengah lautan luas tersebut, membuat pantai-pantai di Kepulauan Mentawai terkenal memiliki pasir yang bersih serta pemandangan yang indah, sementara ombaknya juga bagus untuk berselancar
Tercatat tidak kurang dari 400 titik selancar berada di kepulauan Mentawai, dari mulai ombak yang sedang sampai ombak yang paling menantang yang di cari peselancar dunia. 
Demikianlah sobat Media Internet beberpa Tempat Wisata di Sumatra Barat Terkenal. Sebetulnya objek wisata di Sumatra barat masih banyak namun hanya bisa memberikan sebagian saja. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi Anda saat ingin berlibur.